Jenis Bunga Edelweiss, Bunga Abadi Yang Punya Makna Berbeda

Jenis Bunga Edelweiss, Bunga Abadi Yang Punya Makna Berbeda

Jenis Bunga Edelweiss, Bunga Abadi Yang Punya Makna Berbeda – Edelweiss yang mendapat julukan sebagai bunga abadi, ternyata mempunyai 6 jenis yang berbeda-beda nih. Kemudian, selain melambangkan keabadian, Edelweiss juga mempunyai makna yang berbeda di benua Eropa sana.

Edelweiss di Indonesia pertama kali di temukan oleh naturalis berkebangsaan Jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada tahun 1819 lalu di lereng Gunung Gede. Konon, nama edelweiss di ambil dari bahasa Jerman yang berasal dari kata edel (noble) dan weiƟ (white). Kalau di artikan dalam bahasa Indonesia berarti ‘bunga putih yang sangat di muliakan’.

Baca Juga: Tumbuhan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Bunga edelweiss biasanya hidup di pegunungan atau tanah vulkanik. Uniknya, bunga yang satu ini bisa tetap tumbuh di tanah yang tandus karena bunga edelweiss bisa membentuk mikoriza yang secara efektif meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Hingga sekarang, bunga ini memang masih dimuliakan. Kemuliaan bunga yang satu ini seringkali di jadikan simbol atau lambang keabadian cinta. Selain itu, tidak jarang para pendaki yang menjadikan bunga ini sebagai objek foto, namun tidak sedikit pula para pendaki yang membawa pulang bunga tersebut.

Berikut jenis-jenis bunga edelweiss.

Anaphalis Javanica

Bunga edelweiss jenis ini merupakan bunga yang biasa di temukan oleh sejumlah pendaki gunung Indonesia. Spesies bunga edelweiss yang tumbuh di Indonesia di antaranya Anaphalis Javanica, Anaphalis Viscida dan Anaphalis Longifolia.

Leontopodium Alpinum

Bunga Edelweiss jenis ini merupakan bunga edelweiss yang bisa di temukan di Pegunungan Alpen. Selain itu, kalian bisa menemukan bunga ini tersebar di negara-negara yang mengelilingi Pegunungan Alpen seperti Austria, Jerman, Italia, Prancis, dan Swiss. Terletak di Eropa, bunga edelweiss yang satu ini memiliki perbedaan dengan edelweiss jawa.

Leucogenes Grandiceps

Di Selandia Baru, kalian bisa menemukan bunga edelweiss dengan bentuk yang berbeda pula. Bunga abadi asli Selandia baru ini memiliki nama latin Leucogenes Grandiceps yang lebih mudah kalian temukan di kawasan pegunungan alpine. Sama seperti edelweiss di Indonesia dan Swiss, kepala bunga edelweis Selandia Baru berwarna kuning. Kepala bunga ini pun di kelilingi kuncup bunga beluduru berwarna putih. Bedanya, kuncup bunga edelweiss Selandia baru berbentuk agak oval, tidak runcing seperti bunga edelweiss Swiss.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *