Tumbuhan Langka di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Tumbuhan Langka di Indonesia

Tumbuhan Langka di Indonesia – Indonesia merupakan Negara yang akan kaya akan Flora dari berbagai variestas dan jenis tumbuhan. Akan tetapi, ada juga tunbuhan langkah di Indonesia yang kelestariannya dari populasinya semakin sedikit. Suatu jenis tumbuhan disebut langkah apabila jenis tersebut sulit dijumpai, baik karena jumlah sedikit di alam yang terjadi secara alami maupun karena ancaman.

Tumbuhan Langka di Indonesia

1. Acung Jangkung

Amorphophallus decus-silvae atau wilayah Jawa Barat dikenal dengan sebutan acung jangkung. Acung jangkung adalah jenis tumbuhan endemik yang hanya dapat dijumpai di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat. Acung jangkung ini diperkirakan hanya berada 10.000 saja di alam.

2. Rotan Inun

Calamus scabridulus Becc atau rotan inun jenis dari tumbuhan palem-paleman yang sangat khas dan memiliki rotan berumpun dengan panjang hingga 20 m. Tumbuhan langka ini hanya dapat ditemukan di Bangka Belitung dan sekitarnya.

3. Pakis Hanoman atau Penawar Jambi

Cibotium barometz atau penawar jambi sering juga disebut oakis hanoman. Jenis dari tumbuhan paku tiang yang saat ini populasinya sangat langka dan berada diluar kawasan konservasi. Pembakaran lahan yang masif dan alih fungsi lahan menjadi perkebunan karet, kopi dan sawit. Akhirnya mematikan pertumbuhan dari jenis paku tiang ini umumnya jenis, Cibotium Barometz banyak ditemukan di daerah Bengkulu

4. Keruing Bunga

Dipterocarpus hasseltii Blume atau keruing Bunga dalam bahasa jawa sering juga dinamakan pelahlar. Jenis dari tumbuhan jenis meranti-merantian yang terancam punah dengan status genting karena populasi yang semakin menciut. Penyebabnya pembalakan liar dan alih fungsi lahan.

5. Kantong Semar Bertaring

Nepenthes bicalcarata atau kantong semar bertaring, jenis ini hanya ditemukan dibeberapa tempat di Kalimantan Barat. Akan tetapi, karena jenis ini banyak diburu untuk tanaman hias dan pertumbuhannya sangat lambat, maka mengalami defisit secara jumlah yang signifikan

6. Kedepir atau Repeh

Mangifera gedebe Mig jenis mangga-manggan ini memiliki daerahy persebaran yang relatif sempit dan mengalami penurunan kualitas habitat, Statusnya rawan. Jenis tumbuhan dengan pohon besar mencapai 30 m dan diameter batang mencapai 60 cm yang rawan punah.

Itulah 6b jenis dari tumbuhan langka di Indonesia yang harus kamu tau pabrikrakkendari.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *